Berita

Gus Muhaimin Ingin 2024 Orientasi Pembangunan Indonesia Fokus ke Kelautan

Bangkitnews.id. JEMBER, – Indonesia menyimpan banyak potensi dari ragam kekayaan laut, sebab secara geografis merupakan sebuah negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan. Namun potensi ini hingga kini dinilai belum mampu dioptimalkan dengan baik.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan, kekayaan laut Indonesia yang sejak lama menjadi incaran asing seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh segenap bangsa, dikutip RADARBANGSA.COM, Ahad, 20/02/2022

“Akan tetapi kita sampai sekarang belum mampu memanfaatkan peran laut yang sebetulnya signifikan serta dominan dalam mengantar kemajuan suatu negara,” kata Gus Muhaimin, sapaan akrabnya, saat silaturahim dengan Taruna Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perikanan dan Kelautan Puger, Jember, Minggu, 20 Februari 2022.

Wakil Ketua DPR RI ini menyatakan, salah satu alasan mengapa potensi besar kelautan Indonesia belum mampu dimanfaatkan dengan baik adalah orientasi pembangunan yang tidak fokus pada kelautan.

Menurut Gus Muhaimin, orientasi pembangunan tersebut sebetulnya sudah diawali oleh KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur saat menjadi Presiden ke-IV RI dengan mendirikan Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP). Namun ketika rezim berganti, pembangunan mengalami perubahan orientasi dan tidak sepenuhnya fokus pada kelautan.

“Perjalanan masih jauh karena pasang surut orientasi pembangunan kita tidak istikamah di kelautan. Kita ingin 2024 kembali istikamah sesuai dengan harapan Gus Dur. Bahwa negara kelautan kita akan menyalamatkan negara bangsa kita yang masih banyak utang, yang masih banyak masalah, yang masih banyak kekurangan,” tegas Gus Muhaimin dalam keterangan tertulisnya.

Gus Muhaimin optimis dengan memperkuat orientasi pembangunan pada sektor kelautan diimbangi dengan pembangunan SDM kelautan yang optimal dan istikamah, seluruh persoalan yang membelit Indonesia akan segera terselesaikan.

“Insyaallah melalui kelautan kita atasi seluruh masalah masyarakat bangsa dan negara kita. Melalui kekayaan kelautan dan perikanan kita, kita akan bikin Indonesia kaya raya dan siap bersaing dengan negara-negara manapun,” tukas Gus Muhaimin.

The Latest

To Top