Berita

Launching Santri.net, Azhar : ini jawaban atas kurangnya perhatian menteri pendidikan pada dunia pesantren.

bangkitnews.id-makassar-, Senin (18/01/2021) bertempat di warkop 115, Azhar arsyad bersama 50 pesantren seSulsel Launching Platform digital Santri.net.

Santri.net adalah platform digital yang memberi kemudahan bagi pesantren dalam melakukan proses belajar mengajar secara daring. Didalamnya terdapat banyak fitur yang sangat sesuai dengan model pengajaran pesantren yang menganut sistem “manggaji ttudang” unkap Azhar.

Platform yang dilaunching 22 oktober 2020 bertepatan dengan hari santri ini pertama kali diperkenalkan oleh A. Muhaimin Iskandar, ketua DPP PKB kepada seluruh pesantren seIndonesia. Diawali atas keprihatinan atas perhatian pemerintah terhadap pesantren yang masih dianggap kurang, sehingga diharapkan dengan santri.net ini selain memberi kemudahan, juga diharapkan mampu menjadi jawaban atas mandeknya proses belajar-mengajar di pesantren di tengah kondisi Pandemi Covid-19 ini.

Launchin Santri.net oleh Panglima santri

Didampingi 3 anggota DPR Provinsi Sulsel fraksi PKB, Fauzi Andi Wawo (dapil makassar A), andi Anwar Purnomo (dapil Bulukumba, Sinjai) dan H. Hengky Yasin (dapil Gowa, takalar), azhar juga banyak mendengar keluh kesah para pengurus pesantren yang hadir. 

Uliana pengurus pondok pesantren Jampue, mengungkapkan keresahan para pelaku pendidik di dunia pesatren tentang kurangnya perhatian dari kementrian pendidikan terhadap perkembangan dunia pesantren, “kami ini kan berbeda dengan sistem pendidikan formal yang lainnya, harusnya kementrian pendidikan memberikan perhatian berbeda pula terhadap pesantren, misalnya mengenai pembelajaran pesantren yang tidak hanya mengikuti 8 jam mata pembelajaran, kita ini pembelajarannya 24 jam. Ada pengajian kitab kuning, ada para tahfiz yang harus setor hapalan, jika semua itu dilakukan secara daring oleh para santri, bisa menderita orang tua santri, harus beli kuota yang lebih banyak dari siswa umum yang lainnya,” ungkapnya.

Menjawab hal itu Azhar menyatakan akan menyampaikan hal itu ke Ketua Umum DPP PKB Gus AMI, “saya kira hal ini harus disikai secara serius, apalagi Basis utama PKB itu adalah Pesantren,” jawabnya.-

by : eSHa

The Latest

To Top