Berita

Azhar Adakan Lomba Olahraga Tradisional, Bangun Identitas Nusantara

Bangkitnews.id,-Pinrang-, Masyarakat desa kaballangan bersuka cita menyambut kegiatan Lomba Gasing yang dilaksanakan oleh H. Azhar Arsyad, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu hingga selasa sore (19-21 september 2020 ) di dusun batri Desa Kaballangan, Pinrang.

Terbukti dengan tumpah ruahnya masyarakat yang turut menikmati pertunjukan permainan tertua dalam peradaban manusia ini.

Ini setidaknya menjadi bukti bahwa permainan tradisional belum dilupakan generasi sekarang ditengah gempuran tekhnologi dan urbanisasi.

Menurut Joli koordinator kegiatan, pertandingan ini diikuti oleh 24 regu yang berasal dari penjuru kabupaten Pinrang. “Kegiatan ini sebenarnya bukan persoalan menang dan kalah, cuman mau jaki melestarikan permainan tradisional, supaya anak muda sekarang masih naingat bahwa ada yang namanya permainan gasing yang tidak kalah seru dengan permainan yang ada di hape” ungkapnya.

Azhar Arsyad yang lebih akrab disapa kak Azhar ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp menuturkan, “kami gencar melaksanakan perlombaan olahraga tradisonal dengan tujuan untuk melestarikan budaya masyarakat bugis Pinrang, ini merupakan identitas kita sebagai Nusantara Indonesia, dengan keanekaragaman yang harus dilestarikan.

Keseruan Lomba gasing, menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat

Selain kegiatan lomba Gasing, Azhar juga melakukan pertandingan Olahraga Takraw pekan kemarin.

Tentunya masyarakat membutuhakn hiburan ditengah persoalan pandemi covid-19 ini. Makanya pertandingan olahraga tradisional menjadi sarana bagi masyarakat untuk meluapkan kegembiraan dan spirit kerjasamanya, tentunya, kami selalu menghimbau agar masyarakat tetap melaksanakan prosedur pencegahan covid-19 di setiap event yang kami laksanakan, sambung Azhar,.

By eSHa

The Latest

To Top