Berita

PKB Pinrang akan adakan dialog kemerdekaan 17 agustus, “menakar kinerja pemerintah kabupaten Pinrang periode 2019-2024”

Bangkitnews.id,-makassar-. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kab. Pinrang akan menggelar dialog interaktif dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75 sekaligus menakar keberlangsungan janji-janji dan program kampanye politik Bupati dan Wakil Bupati Pinrang Periode 2019-2024.
Kali ini, tema yang diangkat adalah ‘Menakar Kinerja Pemerintah Kabupaten Pinrang Periode 2019-2024’. Kegiatan tersebut dijadwalkan akan digelar Senin (17/8/2020) di Wakrop PEEM, Jalan Jend. Sudirman (sebelah selatan Mall Pinrang Lantai II), Pinrang mulai pukul 20.00 WITA.
Ketua Panitia Pelaksana Dialog, Supriadi menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk menakar janji politik dan program kerja pemerintah baik yang sudah terealisasi maupun yang sedang berjalan.
Persoalan pencapaian lewat program kerja pemerintah ini kita ketahui bersama pasti ada pro dan kontra, baik persoalan sumber data maupun tolak ukur pencapaian masing-masing program.
1 tahun lebih pasca pelantikan (24/4/2019) Bupati dan Wakil Bupati Pinrang (Bapak H. A. Irwan Hamid dan Bapak H. Alimin) dengan membawa 15 janji politiknya yang bersifat jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Ia menekankan 3 sektor menjadi fokus utama, yaitu sektor pertanian, pendidikan, dan kesehatan serta adanya program jangka pendek dalam jangka waktu 2 tahun sangat penting di evaluasi bersama seperti pembangunan jalan, jembatan, drainase, infrastruktur pemukiman, saluran irigasi, jalan tani, jaringan listrik, dan jaringan seluler.
Saat ini, sejak 5 bulan lalu seluruh Dunia dilanda virus Covid-19 termasuk di Kabupaten Pinrang dan sangat berdampak bukan hanya pada kesehatan tapi juga sector ekonomi, maka saat ini pemerintah perlu melakakukan terobosan untuk kembali mendongkrak sumber-sumber perekonomian dan menjamin roda ekonomi di masyarakat tetap stabil, sehingga faktor ekonomi sangat memerlukan perhatian serius dari pemerintah melalui program-program stategisnya.
Karena itu, melalui dialog ini diharapkan terciptanya pemahaman bersama bagi peseta dialog terkait kondisi pembangunan daerah Kabupaten Pinrang. Kemudian membantu pemerintah dan seluruh stakeholder untuk terus bersama mengawal dan mengawasi optimalnya pembangunan daerah.
Inti dari acara ini adalah membangun paradigma yang positif untuk pembangunan daerah serta menambah wawasan peserta dialog tentang kinerja pemerintah yang sudah terealisasi.
Kegiatan ini sendiri nantinya akan menghadirkan 4 narasumber antara lain: Praktisi Pemerintah, Dr. Syamsulmarlin, S.s,. M.Si; Staff Ahli DPR RI, Mansyur Hendrik, S.s,. SH,. M.Si; Akademisi, Arsyad Yunus, ST,. M.Si; Tokoh Pemuda Pinrang, Johamran Muhammad, S.Sos; dan dialog ini akan di moderatori oleh Zainal Abidin, SH
Dr. Syamsulmarlin, S.s,. M.Si dijadwalkan akan membawakan materi ‘Pemaparan hasil kerja pemerintah baik program jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang dan memastikan komitmen Pemerintah dalam merealisasikan janji-janji politiknya serta pelibatan Masyarakat dan/atau kelompok Masyarakat dalam proses pembangunan Daerah’. Mansyur Hendrik, S.s,. SH,. M.Si membawakan materi ‘Analisa pencapaian / keberhasilan program pemerintah berdasarkan besaran anggaran, efesiensi, dan kebermanfaatan terhadap masyarakat’. Arsyad Yunus, ST,. M.Si membawakan materi ‘Tinjauan akademik terhadap kinerja pemerintah Periode 2019 – 2024 terhadap janji politiknya’. Johamran Muhammad, S.Sos membawakan materi ‘Realisasi dan keberhasilan kinerja pemerintah dalam perspektif pemuda’.
H. Alimuddin Budung, S.HI,. MM; Ketua DPC PKB PINRANG dan Ketua Komisi III DPRD Kab. Pinrang dijadwalkan sebagai keynote speaker dengan materi ‘Komitmen DPRD (Fraksi PKB) dalam mengawal dan memastikan realisasi janji politik dan program pembangunan daerah Kab. Pinrang Periode 2019 – 2024’.
Adapun tatacara pendaftaran dialog, calon peserta dapat mengklik pranala berikut ini (https://bit.ly/FormulirDialogKemerdekaanRI-DPCPKBPinrang) dan mengisi setiap kolom yang diperlukan agar terdaftar sebagai peserta. Peserta dialog dibatasi hanya 30 orang dari semua perwakilan organisasi yang melalui pranala ini, batas waktu pendaftaran dimulai tanggal 15-16/8/2020 pukul 18.00 WITA.
Dalam dialog ini nantinya bukan hanya sekedar penyampaian materi oleh narasumber, juga akan ada diskusi tanya jawab. Karena itu, kami berharap ada satu ide atau gagasan baru yang bisa menjadi masukan brillian kepada pemerintah Kab. Pinrang (H. A. Irwan Hamid dan H. Alimini) saat ini.
Dijadwalkan, partai politik bertugas sebagai pembanding dialog, Tokoh Agama, Ormas, organisasi kepemudaan, Tokoh pemuda, dan Mahasiswa akan hadir sebagai peserta kegiatan.
Poinnya adalah, semoga dialog ini menjadi patron lahirnya kegiatan-kegiatan yang serupa untuk terus mengawal dan memastikan semua elemen masyarakat terlibat aktif dalam pembangunan daerah Kabupaten Pinrang.

The Latest

To Top